Microsoft PowerPoint adalah sebuah bagian dari Microsoft Office yang dibuat untuk keperluan Presentasi. PowerPoint ini sangat berguna bagi kalian yang bekerja di bidang perkantoran atau kalian yang masih mahasiswa untuk kegiatan presentasi kepada dosen kalian. Baiklah, Eltron akan mengulas penjelasan PowerPoint ini dengan Lengkap, mulai dari cara membukanya sampai kalian dapat mengoperasikan dasar-dasar PowerPoint. Mari, kita simak Penjelasan berikut.
Menjalankan Microsoft Office Power Point
Hal yang paling terpenting untuk dapat menggunakan PowerPoint adalah komputer kalian harus sudah Terinstal Microsoft Office Estensial. Biasanya semua komputer telah terinstal dari bawaannya. OK , PowerPoint juga bisa kalian gunakan di Sistem Operasi Vista,XP,Windows 7,Windows 8,dan yang terbaru yaitu Windows 10.
Lanjut ke cara membuka Microsoft Power Point. Untuk semua Sistem Operasi kalian dapat melakukan dengan cara seperti berikut.
1.) Klik tombol Star pada tampilan Desktop lalu pilih menu All Program.
2.) Cari dan klik pada folder Microsoft Office
3.) Lalu pilih Microsoft Office PowerPoint 2007
Mengenal Tampilan Microsoft Office Power Point
Untuk dapat menggunakan Microsoft Office Power Point kalian harus mengetahui nama-nama dari bagian-bagian yang terdapat pada Microsoft Power Point, untuk mengetahuinya kalian dapat melihat Foto berikut ini.
No 1 Disebut = Tombol Office
No 2 Disebut = Ribbon Tab
No 3 Disebut = Quick Acces Tollbar
No 4 Disebut = Group
No 5 Disebut = Ribbon
No 6 Disebut = Status Bar
No 7 Disebut = Papan Note
No 8 Disebut = Views
No 9 Disebut = Zoom
No 10 Disebut = Lembar Slide
Hal di atas adalah hal yang harus di ketahui bagi kalian, namun Eltron tidak menyarankan kalian untuk mengetahui nama-nama nya yang terpenting kalian tahu fungsi-fungsinya. Ini adalah Dasarnya, Berikut Fungsi-fungsinya.
1. Tombol Office
Tombol Office berada di bagian atas jendela PowerPoint, jika kalian klik tombol tersebut maka akan sebuah menu. Didalam menu ini kalian dapat melakukan hal-hal diantaranya :
New : Berfungsi untuk Membuat Lembar Kerja Baru
Open : Berfungsi untuk Membuka dokumen yang telah disimpan
Save : Berfungsi untuk Menyimpan Lembar Kerja yang telah dibuat
Save As : Berfungsi untuk Menyimpan Lembar Kerja yang telah disimpan dengan nama berbeda
Print : Berfungsi untuk Mencetak Lembar Kerja yang telah dibuat
Prepare : Berfungsi untuk Menambah atau membuat keamanan/Password pada Dokumen
Send : Berfungsi untuk Mengirim Dokumen
Publish : Berfungsi untuk Menerbitkan Dokumen
Close : Berfungsi untuk Menutup Dokumen
2. Ribbon
Adalah Sebuah kumpulan Menu jalan pintas yang baru di Microsoft Office Power Point 2007, Karena versi sebelumnya tidak ada Ribbon. Ribbon bisa berupa Tab Menu dan juga bisa berupa ikon yang memiliki fungsi-fungsi tertentu. Bagian utama dari Ribbon adalah Ribbon Tab yang memiliki 9 menu utama : Home, Insert, Design, Animations, Slide Show, Review, View, dan Developer. dan Bagian kedua adalah Kumpulan Group yang jika disatukan maka bernama Ribbons.
3. Quick Accses Tollbar
Quick Acces Tollbar disebut juga jalan pintas ini berisi Shotcut yang telah ditampilkan sehingga membuat kalian dapat dengan cepat melakukan hal-hal yang berada di Office Button maupun yang tidak ada di Office Button. Eltron menyarankan kalian untuk menggunakan Jalan Pintas ini karena lebih cepat, Perintah secara Default nya adalah Undo , Redo , Save kalian juga dapat menambah Shoutcut-nya dengan melihat Cara berikut.
Adalah Kumpulan adalah sebuah Kumpulan alat-alat yang berada di dalam kotak Group. Group terdiri dari Name Group dan Group Tool. Group di Tab Home ada 6, di Tab Insert ada 5, di Tab Design ada 3, di Tab Animations ada 3, di Tab Slide Show ada 3, di Tab Review ada 3, di Tab ada 6, dan di Tab Developer ada 3.
5. Status Bar
Berfungsi sebagai informasi yang kalian ketik. Contoh, Slide 1 Of 5 artinya kaliian sedang berada di Slide 1 dari 5 slide yang ada. Contoh lain, "Office Theme" artinya kalian sedang menggunakan Tema "Office Theme". Kalian dapat Mengganti Tema di Tab Design --> Themes.
6. Papan Note
Adalah sebuah kotak nota yang Memiliki fungsi untuk menulis catatan.
7. Views
Adalah kotak yang berisi ikon yang masing-masing memiliki fungsi sebagai berikut.
Bagian Kiri Menampilkan Tampilan Normal
Bagian Tengah Menampilkan Tampilan Slide Sorter artinya Kalian hanya menampilkan slide-slide yang telah kalian buat.
Bagian Kanan Menampilkan Tampilan Slide Show Artinya Kalian dapat menampilkan hasil yang kalian buat dengan tampilan Slide Show.
8. Zoom
Bagian ini pasti sudah banyak yang mengetahui nya dari namanya saja sudah jelas. Zoom ini memiliki fungsi Memperbesar dan memperkecil tampilan yang ingin kalian lihat. Geser ke sebelah kiri artinya kalian mengecilkan Tampilan dan Geser ke sebelah kanan artinya kalian Memperbesar tampilan.
9. Lembar Slide
Lembar Slide adalah sebuah lembar kerja yang dapat kalian ubah sesuai selera kalian. Berbeda dengan lembar kerja di MS Word dan Excel, kenapa Lembar kerja di MS Power Point ini dinamakan Lembar Slide, karena Lembar yang digunakan akan langsung membentuk tampilan Slide.
Dengan Mengetahui Fungsi-fungsi tersebut kalian dapat membuat presentasi yang hasilnya memuaskan.
Praktek Membuat Slide Presentasi Sederhana
Lanjut ke Praktek Membuat Slide Presentasi Sederhana , Kalian dapat membuat Presentasi Sederhana dengan mengikuti langkah-langkah berikut.
1. Buat Judul Presentasi pada bagian yang bertulis Click Ad To Title
2. Buat Isi Presentasi pada bagian yang Bertulis Click Ad To Text atau kalian juga bisa menambahkan Picture, Table, dan lain-lain-lain.
3. Jika Slide pertama sudah jadi lanjutkan dengan membuat Slide baru.Caranya mudah pada Tab Home --> New Slide . Maka akan langsung muncul Slide baru, di slide baru ini kalian lanjutkan Judul dan isi baru sesuai keinginan masing-masing.
4. Lanjutkan seterusnya cara ke 3 sampai selesai.
6. Selesai.. Untuk melihat hasil Presentasi kalian cukup klik yang paling kanan pada bagian Views.
Struktur Presentasi Yang Baik Menurut Eltron
Ya.. Sebenarnya dalam membuat
presentasi kalian harus memiliki imajinasi dan kreativitas yang luas.
Namun jangan juga kalian terlalu menggunakan Imajinasi terlalu, dalam
artian kalian menggunakan banyak Animasi dalam sebuah presentasi. Ingat !
Presentasi yang berkelas adalah presentasi yang Simple dan Strukturnya
tepat.
Etika membuat Power Point1. Menghindari ppt yang membuat orang pusing
2. Yang disampaikan dalam power point hanya ide-ide penting saja
3. Struktur maksdunya animation yang digunakan hanya satu jenis saja
4. Font artinya huruf yang digunakan paling kecil 18
5.Warna yang digunakan adalah warna yang menajamkan, maksudnya gunakan warna yang membuat orang lain membacanya jelas dan tetap fokus. hindari warna yang membuat mata sakit.
6. Gunakan gambar yang berkaitan dengan isi materi yang akan disampaikan, hindari gambar yang mengurangi tingkat konsentrasi audiens
7. Hindari kesalahan pengetikan yaitu periksa kembali kata-kata atau tata bahasa yang salah
8. Gunakan kesimpulan / penutup yang mengesankan dan yang mengarahkan kedepannya bagaimana karena audiens cenderung mengingat slide terakhir
9 Kemudian buatlah setelah kesimpulan yang mengundang audiens untuk bertanya
*slide structur yang buruk adalah slide yang terlalu banyak mengandung kata-kata, slide yang terlalu banyak kata2, bukanlah ppt melainkan makalah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar